Membuat Load Content Web Secara Dinamis di Index.php


Sebenarnya saya bingung untuk membuat judulnya seperti apa, jadi saya ingin memohon maaf jika judulnya kurang pas. 😁

Yang jelas maksud saya menulis konten ini adalah untuk share bagaimana caranya membuat web kita lebih dinamis. Maksudnya dinamis disini adalah lebih ke kodingan di web yang kita buat agar lebih efisien. Contohnya, jika kita membuat web statis dengan berbeda halaman tentu saja kita harus membuat kodingan untuk widget-widget yang kita buat di setiap halaman seperti Menu Bar. Menu bar ketika kita menuju ke halaman berbeda-beda, pasti tampilannya akan sama saja. Padahal pada kenyataannya di web static kita harus mendefinisikan kodenya tiap halaman sehingga membutuhkan waktu dan source yang cukup banyak.

Nah dipostingan ini, saya ingin share sedikit bagaimana membuat halaman web dinamis, Jadi kita hanya menyimpan kode design-nya di dalam file index saja. Dan untuk kontennya kita tinggal membuat isi konten tanpa membuat lagi kode untuk design templatenya.

Baik selanjutnya akan saya tunjukkan bagaimana cara untuk membuatnya. Pertama-tama kita buat dahulu folder dengan nama praktek di htdocs. Selanjutnya masuk ke folder tersebut dan buat file index.php, Silahkan teman-teman lakukan pengkodingan untuk designnya disini. Dan untuk bagian kontennya, tempatkan kodingan seperti ini.

if(!empty($_GET['p'])){
   $p = $_GET['p'];
   $f = $_GET['f'];
   $pages_dir = 'pages/'.$f;
   $pages = scandir($pages_dir, 0);
   unset($pages[0], $pages[1]);

   if(in_array($p.'.php', $pages)){
      include($pages_dir.'/'.$p.'.php');
   } else {
      include('pages/blank.html');
   }
} else {
  include('pages/dashboard/dashboard.php');
}

Setelah itu buat folder dengan nama pages, folder ini nantinya akan menyimpan folder dari setiap konten. Setelah itu didalam folder pages, buat lagi folder dengan nama content dan didalamnya buat file dengan nama content.php. Silahkan isi file php tersebut dengan konten yang diinginkan.

Setelah selesai, panggil konten dengan mengetikkan pada url seperti contoh berikut :

http://localhost/praktek/index.php?f=content&p=content

Jika berhasil, maka konten yang kita buat akan muncul pada web. Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa melihat kodingannya pada project yang saya buat berikut.


0 komentar: