Membangun sistem inventory barang bagian 1 (Proses Login) - PHP OOP & MySQL

Assalamu'alaikum Wr Wb,
Salam coding, apa kabar semuanya. Semoga selalu dalam keadaan baik dan sehat selalu. Sudah lama saya tidak mem-posting sesuatu di blog ini, dan untuk melepas kangen saya ingin berbagi ilmu mengenai PHP OOP dan MySQL.
Baik langsung saja, kali ini saya akan memposting bagaimana membuat proses login pada aplikasi berbasis web. mungkin memang masih sangat sederhana, tetapi setiap prosesnya sudah saya buat agar dapat menjamin keamanan pada aplikasi yang dibuat. sekali lagi ini masih sederhana, tetapi jika kalian dapat mengembangkannya sedikit lagi, saya yakin akan jadi aplikasi yang sempurna. tetapi sesempurna apapun aplikasi tetaplah hanya rokok yang sampoerna.. Kidding.. hahaha :D
Seperti pada judul, postingan ini bertujuan untuk berbagi ilmu tentang aplikasi inventory barang, hanya saja saya akan membaginya dalam beberapa part. karena satu proses saja bisa memakan waktu yang panjang. jadi mohon bersabar untuk part selanjutnya yaa.. ;)
Proses login yang saya buat ini juga memanfaatkan Store Procedure pada MySQL, jika kalian tidak tahu apa itu store procedure, bisa kalian baca di www.google.co.id.
Hal pertama yang harus dilakukan untuk memulai mengerjakan aplikasi web yang berhubungan dengan database, sudah pasti kita harus membuat koneksi antara aplikasi dengan database. Dibawah ini sekilas bagaimana kita membuat script PHP untuk mengkoneksikan aplikasi dengan database. dalam hal ini saya menggunakan PDO Connection.


<?php 
class koneksi {
   protected $dsn = "mysql:dbname=db_inventory;host=127.0.0.1";
   protected $user = "root";
   protected $dbPass = "";
   protected $conn;

   public function __construct() {
 try {
    $pdo = new PDO($this->dsn, $this->user, $this->dbPass, array(PDO::ATTR_ERRMODE => PDO::ERRMODE_EXCEPTION)); 
    $this->conn = &$pdo;

        } catch (PDOException $e) {
          echo "Koneksi ke database gagal: ".$e->getMessage();
   die();
 }
   }

   public function __destruct() {
 try {
            $this->conn = null; //Closes connection
        } catch (PDOException $e) {
            file_put_contents("log/dberror.log", "Date: " . date('M j Y - G:i:s') . " ---- Error: " . $e->getMessage().PHP_EOL, FILE_APPEND);
            die($e->getMessage());
        }
   }
}
?>
 Script koneksi.php

Kurang lebih script untuk koneksinya seperti itu. untuk script secara keseluruhan, kalian bisa dowload pada link dibawah. sebelum itu izinkan saya untuk memperlihatkan beberapa screenshoot dari proses login aplikasi ini.

 Screenshoot Form Login

 Screenshoot jika salah memasukkan username/password

 Jika melakukan 3 kali kesalahaan password, maka akun akan diblok.

 Halaman user management

 Halaman form create staff.

Untuk menghemat waktu, akan langsung saya bagi script-nya pada link dibawah ini. Kalian bisa menggunakannya untuk keperluan tugas kuliah atau yang lainnya. Tapi ingat, hanya meng-copy paste tidak akan membuat ilmu kalian bertambah, maka dari itu silahkan lakukan pengembangan dan eksplorasi, jangan hanya DOWNLOAD DAN PAKAI. Jadilah programer sejati. ;)
Semoga bermanfaat...
Wassalam..

9 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. mantap gan!
    Update script web (admin - buat upload post foto dll ) sama indexnya dong :D Kutunggu

    ReplyDelete
  3. Trims bro atas sharingnya semoga membawa manfaat....ini pake bootstrap ya.

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  5. Terima kasih, tutorial pembuatan Aplikasi Inventory Barang sangat membantu. Ditunggu tutorial-tutorial pembuatan aplikasi yang lainnya

    ReplyDelete