Mari Belajar jQuery - Pengertian jQuery


Pengertian jQuery

jQuery adalah javascript library yang merupakan kumpulan dari fungsi-fungsi javascript sehingga memudahkan programmer dalam membuat kode javascript.

jQuery dikembangkan pertama kali oleh John Resig di tahun 2006. Sejak saat itu, jQuery berkembang menjadi proyek opensource dan menjadi libary JavaScript paling populer di dunia. Situs resmi jQuery beralamat di jquery.com.

Karena jQuery ini merupakan kumpulan fungsi-fungsi yang meringkas syntak-syntak javascript, maka penulisannya bisa lebih singkat daripada kita hanya menggunakan javascript. contohnya seperti berikut.

var x = document.getElementById("id_element");
Dengan jQuery, penulisannya jauh lebih singkat:

var x = $("#id_element");

Kemudian hal yang menjadi pembeda antara javascript dengan jQuery adalah kompabilitas pada setiap web browser. Untuk javascript biasanya tidak semua browser mau menerima kodenya karena tidak kompatibel dengan versinya. Tetapi dengan jQuery kita bisa mengesampingkan versi web browser karena jQuery bisa mendeteksi versi yang cocok untuk digunakan pada web browser tersebut.

jQuery juga menyederhanakan fungsi AJAX (Asynchronous JavaScript and XML) sehingga kita hanya menuliskan beberapa baris perintah saja.

Tidak hanya itu, jQuery juga dilengkapi oleh fitur-fitur menarik lainnya seperti datepicker, carousel, tabulasi, dan efek-efek animasi lainnya yang dapat mempercantik tampilan website kita.

Walaupun sekarang sudah banyak bermunculan pesaing jQuery seperti angular. Tetapi jQuery masih powerfull untuk dipakai. selain mudah, jQuery juga memiliki performance yang bagus sehingga masih cocok untuk website kelas atas.

0 komentar: