Pengertian Jaringan Komputer


      Jaringan komputer merupakan sejumlah komputer yang dapat saling berkomunikasi. Dalam komunikasi ini dapat terjadi perpindahan data maupun berbagi sumber daya. Adapun dalam skala luas, internet juga merupakan jaringan computer (Balchunas, 2007).
      Jadi secara umum jaringan komputer didefinisikan sebagai perangkat yang terhubung bersama-sama untuk berbagi informasi dan layanan. Adapun jenis-jenis/layanan data yang dapat dibagi di jaringan ini tak ada habisnya, misalnya dokumen, musik, e-mail, situs web, database, printer, faks, telepon, konferensi video, dan lain-lain (Balchunas, 2007).


Gambar 1. Contoh skema jaringan.
A.     Klasifikasi Jaringan Komputer
         Pada umumnya klasifikasi jaringan komputer dibagi menjadi dua tipe :
1.      Local Area Network (LAN)
     Jaringan berkecepatan tinggi yang mencakup wilayah geografis yang relatif kecil, biasanya terkandung dalam bangunan tunggal atau kampus. LAN yang biasanya di bawah kontrol administratif satu entitas/organisasi.
2.     Wide Area Network (WAN)
       Pada umumnya WAN adalah jaringan yang mencakup lokasi geografis yang besar, biasanya untuk interkoneksi beberapa LAN.
       Definisi yang lebih praktis menggambarkan WAN sebagai jaringan yang melintasi jaringan publik atau operator komersial, menggunakan salah satu dari beberapa WAN teknologi. Dengan demikian, WAN dapat berada di bawah kontrol administratif beberapa entitas atau organisasi, dan tidak perlu untuk rentang jarak geografis yang luas.

Catatan: Kadang-kadang, dalam buku pada umumnya akan menentukan jenis ketiga jaringan yang dikenal sebagai MAN (Metropolitan Area Network). MAN didefinisikan sebagai jaringan yang mencakup beberapa LAN di wilayah geografis kota-besar. Istilah MAN kurang lazim daripada LAN atau WAN (Balchunas, 2007).

0 komentar: